Apa Smartphone Mobile OS Ketiga Setelah Android dan iOS?

Apa Smartphone Mobile OS Ketiga Setelah Android dan iOS?

 79percentclock.com - Dunia teknologi smartphones selalu berkembang dan mengejar pembaharuan yang lebih mutakhir. Biarpun terdapat banyak merk ponsel yang beredar di pasaran, tetapi hanya dua sistem operasi yang menguasai dan monopoli, mereka adalah Android dan iOS, yang menguasai pasar 99%.

Sisanya hanya menguasai kurang dari satu persen. Sebelumnya tidak sampai begitu parah, dulu lebih banyak pilihan, tetapi lambat laun satu per satu mati tidak bisa bersaing, dan tersisa dua sistem operasi itu. Lalu Selain mereka berdua, sistem operasi smartphones apakah yang berada di peringkat tiga dalam hal penguasaan pasar? 

Selumnya peringkat ketiga dikuasai oleh Tizen OS milik buatan Samsung, tetapi kemudian karena tidak laku dan gagal, maka dihentikan. Biarpun Tizen OS masih belum sepenuhnya mati, masih terdapat pada beberapa peralatan rumah tangga seperti kulkas, tetapi untuk kategori produk smartphones sudah tidak ada sama sekali yang menggunakan sistem operasi itu.



Setelah jatuhnya mobile OS seperti Windows Phone, Blackberry (BB OS dan BB10), Tizen, Firefox OS, Asha OS, Symbian, WebOS, Meemo, dan lainnya, siapakah yang merebut posisi nomor 3?

Setelah Tizen OS, kemudian posisi ini terisi oleh KaiOS, sebuah sistem operasi ringan yang memangsa target pasar kelas bawah, sehingga tidak langsung bersaing dengan Android dan iOS. Ini cukup sukses dalam hal merebut pasar kecil di beberapa negara terutama India dan benua Afrika, yang banyak penduduknya masih berada di ekonomi kelas menengah ke bawah dan internet masih merupakan sesuatu yang mewah. 

Dan kini, setelah bertahan sebentar, posisi itu pun diambil alih oleh sebuah sistem operasi asal China yaitu Harmony OS buatan perusahaan Huawei. Sistem operasi ini pada awalnya dibuat karena Huawei terkena ban dan embargo oleh Amerika Serikat, sehingga mereka tidak boleh menggunakan Android dan turunannya seperti AOSP beserta layanannya Google. Jadi mau tak mau mereka terpaksa membuat sistem operasi baru buatan sendiri.

Setelah beberapa tahun pengembangan, barusan mereka dengan gencarnya mempromosikan Lini smartphones mereka kepada dunia saat peluncuran seri Mate 60 (yang tentunya di dalam menggunakan sistem operasi Harmony OS). Begitu gencarnya mereka, membuat model ini banyak yang pre-order dan kemudian akhirnya melewati KaiOS dalam hal penguasaan pasar sistem operasi.

Jadi sekarang ini Harmony OS adalah mobile OS smartphones ketiga terbesar.


mobile OS marketshare chart 2023


Peringkat keempat adalah KaiOS, sedangkan yang kelima agak sulit mendapat informasinya siapa karena jumlahnya uda terlalu kecil. Tapi beberapa yang masih "hidup" adalah Sailfish, Ubuntu Touch OS, PostMarket OS,  PureOS, Mobian (Mobile Debian, untuk tablet dan smartphones), dan Manjaro.

Harmony OS terbaru adalah versi keempat (4.0), yang barusan mendapat pencapaian milestone 60 juta pengguna dan perangkat.

Apakah Harmony OS akan Berjaya di Kontes Internasional?

Masih belum bisa diraba, karena Huawei hanya bisa fokus untuk pasar lokal untuk sementara ini, belum mampu untuk pasar internasional, karena jika mau tembus ke pasar luar, maka memerlukan ketersediaan aplikasi yang banyak. Sedangkan Harmony OS tidak memiliki aplikasi penting dan umum seperti Twitter, Youtube, Facebook, Instagram, Whatsapp, dan lainnya. Memang betul sih bisa menjalankannya menggunakan APK Android, tetapi terkadang tidak 100% kompatibel, bagaimanapun tidak akan sebagus aplikasi native.


Share:
Next Post Previous Post