Mencoba Tik Tok Shop Ads

Mencoba Tik Tok Shop Ads

 79percentclock.com - Tik Tok Shop seperti layaknya layanan sosial media lain, juga menyediakan fitur iklan bagi para penjual, afiliator, dan pedagang yang ingin mempromosikan barang dagangan mereka. 

Secara umum cara iklan terbagi menjadi dua, melalui boost video post dan Tik Tok business center. Untuk boost video post, bisa langsung, tetapi untuk Tik Tok Business center, kita harus register dulu agar bisa menggunakan dashboard Tik Tok ads managernya.

Tentu saja Tik Tok for Business lebih banyak dan lebih lengkap setting dan fiturnya, tetapi bagi yang tidak mau pusing, boost post adalah cara mudahnya.

Tik Tok memberikan beberapa pilihan dalam beriklan, tetapi manakah yang paling murah?



Saya mencoba melakukan tes, kira-kira mana yang termurah dalam hal segi biaya per jumlah view video. Biarpun data di bawah saya menambahkan juga jumlah like dan follower, itu hanya data tidak akurat semata karena semua tergantung kualitas video.

Sementara saya masih tes yang boost video post ads dulu, yang biasa ditandain dengan lambang "sponsored" di caption video dan tombol seperti "shop now" di akhir video.

Boost Video post  atau yang lebih dikenal dengan sebutan tombol Promote, bisa diakses dengan dua cara, yaitu melalui setting pada video tersebut (menekan tiga titik dan pilih promote), habis itu kita akan disuguhi pilihan  apa goal kamu, ada lima pilihan yaitu video views, product purchases, followers, more messages, profile views.

Tetapi jika kita mengaksesnya melalui menu Creator Tools, akan ada lebih banyak pilihan goalnya. Ada "boost account" yang terbagi lagi menjadi video views, followers, profile views. Kemudian "Gain Sales" yang terbagi lagi menjadi product purchases, website visits, product link clicks. Selanjutnya ada "more messages" tanpa pilihan lebih lanjut dan yang terakhir "boost Live" yang terbagi menjadi live viewers, product purchases.

Yang uniknya pada boost Live, ada pilihan lebih lanjut mengenai bagaimana kita promosi, ada pilihan "Live with real-time screen", dan "Live with video". Lucu juga upload video dianggap bisa untuk Live.

Langsung saja ya beberapa studi kasus yang saya lakukan bagaimana hasilnya. Mana paling worth dari segi jumlah viewer.

Kasus #1:

Di kasus nomor satu ini saya menggunakan video (VT) yang kata kuncinya muncul di kolom pencarian atas, lihat ada membantu ga dalam iklan, ternyata tidak.

  • Menggunakan audience: jenis kelamin, umur, interest
  • Goal: More Product purchases
  • Harga: 18 ribu
  • Hasilnya adalah 644 view, 9 product link clicks, 1 like

Kasus #2:

  • Menggunakan audience: Default diatur Tik Tok
  • Goal: More Product purchases
  • Harga: 18 ribu
  • Hasilnya adalah 1300 view, 40 product link clicks, 1 product purchases, 4 likes
Kasus #3:
  • Menggunakan audience: jenis kelamin
  • Goal: More Followers
  • Harga: 15 ribu
  • Hasilnya adalah 1.5K view, 5 followers, 14 likes
Kasus #4:
  • Menggunakan Promotional Pack (1.500+ views)
  • Harga: 17.848 (jangan tanya saya kenapa harganya ga genap)
  • Hasilnya adalah 1700 views, 125 likes

Harga di atas tidak termasuk pajak 11%. Menurut orang lain, biaya iklan melalui Tik Tok for Business (business center) harganya jatuh lebih murah dari promote.

Dari tes studi kasus di atas, saya mendapat kesimpulan jika tidak menggunakan audience, alias Tik Tok yang tentukan, harganya jatuh lebih murah, dengan mengorbankan target penonton yang lebih random/acak. Perbedaannya sampai dua kali lipat.

Kemudian pilihan "boost account" lebih murah dari yang pilihan "gain sales", padahal gain sales yang terdapat pilihan "product purchases" belum tentu ada pembelian / check-out, jadi tidak semenarik namanya. Harus hati-hati dalam pemilihan, jangan rakus tergiur karena melihat nama goal iklannya.

Promotional Pack di kasus nomor 4, dari segi trafik sedikit kalah dari kasus nomor 3 perbandingan cost/views-nya. Ini cocok untuk yang mencari jumlah like, tapi sulit mendapat followers. 

Selanjutnya saya akan mencoba iklan yang dari Tik Tik for Business (business center dan ads manager), setelah mengetesnya akan saya update di sini, kita lihat apakah rumor biaya yang lebih murah itu benar atau tidak.

--

Q: 1 aplikasi Tik Tok App bisa berapa banyak jumlah akun Tik Tok maksimal?

Jb: maksimal bisa sebanyak 7 atau 8 akun Tik Tok. Account Tik Tok ini jika dihapus mungkin tidak akan recover jatah max yang diperbolehkan. Jadi gunakanlah sebaik mungkin.

Share:
Next Post Previous Post