Negara-negara Arab yang Kaya dan Miskin, Apa saja?

Negara-negara Arab yang Kaya dan Miskin, Apa saja?

 79percentclock.com - Negara arab biasanya identik sebagai negara kaya raya, dengan pendapatan utama dari sektor penghasil minyak yang berlimpah. Tetapi sebenarnya tidak semua negara arab itu kaya raya, beberapa malahan masuk dalam daftar kategori miskin. 

Kekayaan hidup warga suatu negara secara rata-rata biasa paling akurat jika diukur dengan menggunakan data GDP per capita (Produk domestik bruto per kapita). Merupakan alat ukur yang paling krusial, suatu metode utama menghitung pendapatan nasional, indikator penting untuk mengukur kondisi perekonomian negara.

Produk Domestik Bruto (disingkat PDB) adalah nilai seluruh produk dan jasa yang dihasilkan di sebuah negara dalam suatu tahun, dibagi dengan rata-rata jumlah penduduk dalam tahun yang sama.


arab countries map
Peta Negara-negara Arab 

Sebelumnya, kita persempit pembahasan, tidak semua negara arab itu berada di kawasan timur tengah, begitu juga sebaliknya, tidak semua negara di kawasan timur tengah itu disebut negara arab. Seperti contoh Israel berada di timur tengah tetapi bukan negara arab. Jadi yang masuk dalam pembahasan artikel ini adalah hanya negara arab yang berada di timur tengah, karena itu yang identik dengan "kaya", negara arab yang berada di kawasan benua Afrika banyak yang miskin. 

Dari hasil hitung GDP per capita tersebut, negara arab di timur tengah terbagi menjadi lima kategori:

Kategori Negara Arab yang Sangat Kaya

-Qatar (GDP per capita tahun 2022:  83,891.025 USD$).

Jika menyebut negara arab terkaya, pasti orang sebutnya UAE dengan dubainya, ataupun Arab Saudi, padahal Qatar memiliki GDP yang hampir dua kali lipat dibanding UAE, dan hampir tiga kali lipat dibanding Arab Saudi. Cuma memang penduduk dan pemerintah mereka tidak terlalu berfoya-foya seperti UAE dan Arab Saudi, jadi ga terlalu kelihatan.

Kategori Negara Arab yang Kaya

-Kuwait (GDP: 33,646.139)
-United Arab Emirated (UAE) (GDP: 49,451.635)
-Saudi Arabia (GDP: 29,922.089)
-Bahrain (GDP: 28,385.767)
-Oman (GDP: 21,960.083)

Enam negara di atas yang menyebabkan negara arab disebut negara kaya dan tempatnya para sultan. Semuanya memiliki GDP di atas rata-rata GDP Liga Arab. 

Kategori Negara Arab yang Menengah

-Lebanon
-Iran
-Irak (GDP: 6,180.517)

Sebenarnya negara Iran bukanlah disebut negara arab, tapi dimasukin ke daftar biar lebih banyak kategori ini, ga tampak dikit.

Kategori Negara Arab yang Menengah ke Bawah

-Mesir
-Jordania
-Palestina (gabungan tepi barat dan jalur gaza)

Palestina biarpun status negaranya masih menjadi perdebatan, tetapi di sini dianggap memiliki kedaulatan sendiri, jadi masuk daftar. Palestina terbagi menjadi dua kawasan, tepi barat dan jalur gaza, tepi barat secara umum lebih kaya dan makmur dibanding jalur gaza, tetapi data GDP yang digunakan adalah gabungan keduanya.

Kategori Negara Arab yang Miskin

-Suriah
-Yaman

Negara arab di timur tengah yang masuk kategori miskin ini cuma ada dua, dan keduanya juga sedang terlibat perang saudara yang berkepanjangan sampai sekarang. Jadi mungkinkah ada hubungan antara ekonomi dan perang?

Negara Terkait tapi masuk dalam pembahasan:

Israel, Turki, Libya, Alteria, Tunisia, Djibouti, Morocco, Mauritania, Comoros, Sudan, Somalia, Siprus (Cyrpus).

--

Sumber referensi: 

Share:
Next Post Previous Post