PinePhone Pro oleh PINE64, Ponsel Untuk Pencari OS Alternatif Selain Android dan iOS

PinePhone Pro oleh PINE64, Ponsel Untuk Pencari OS Alternatif Selain Android dan iOS

 79percentclock.com - PINE64 adalah perusahaan kecil berbasis komunitas yang memiliki spesialisasi dalam pengembangan perangkat berarsitektur Arm. Mereka memulai projek dengan memproduksi komputer papan tunggal yang mirip dengan Raspberry Pi. Akhirnya, perusahaan tersebut juga mulai mengembangkan laptop yang dijalankan pada komputer papan tunggal ini, dan kini perusahaan tersebut merambah ke pasar smartphones (telepon seluler) yang disebut PinePhone. PINE64 juga telah merilis jam tangan pintar dan tablet (PineTab).

PinePhone mirip dengan target pasar dan gaya main seperti ponsel Librem 5, yang berfokus membuat sebuah smarphones bersifat open source yang memiliki sistem operasi selain Android dan iOS, yang bisa diinstal berbagai alternatif sistem operasi lainnya, terutama Linux.




Pengguna dapat memilih platform mana yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka daripada hanya menggunakan platform yang diinginkan produsen untuk mereka gunakan. Artinya, bergantung pada OS yang mereka pilih, mereka mungkin mendapatkan pengalaman yang sangat berbeda dari orang lain yang memilih OS berbeda untuk PinePhone mereka.

PinePhone pertama kali dijual tahun 2020, kemudian merilis beberapa edisi sampai yang terakhir adalah edisi Komunitas Mobian pada Februari 2021. Harganya biasa berkisar sekitar 2 jutaan rupiah, tapi tergantung spesifikasi perangkat keras di dalamnya, karena beberapa versi ditawarkan 3 jutaan.

Pada Oktober 2021, PINE64 mengumumkan penerusnya yaitu Pine Phone Pro, yang kemudian dirilis pada Februari 2022 untuk konsumen pre-order, setelah itu baru kemudian konsumen umum.

Perangkat PinePhone Pro memiliki chip Rockchip RK3399S, yang merupakan versi khusus dari stok RK3399, yang dirancang secara unik untuk perangkat tersebut. Perangkat ini juga memiliki meori ram LPDDR4 4GB, layar 6", sensorSony IMX258 13MP sebagai kamera utama, sensor Omnivision OV8858 8MP sebagai kamera depan dan memiliki baterai Samsung J7 ukuran 3000mAh.

Tetapi saya mau kasih peringatan, PinePhone mungkin sedikit terlalu rumit bagi konsumen umum.

Sistem Operasi yang didukung



Tidak seperti ponsel smartphone lain yang menggunakan nama OS baru tetapi ternyata hanya turunan dari Android. Pine Phone ini benar-benar lepas dari Android, bukan AOSP. 

PinePhone menjadi pilihan yang sangat baik bagi banyak orang karena merupakan perangkat Linux yang mudah dimodifikasi. Anda dapat menggunakan berbagai distribusi Sistem Operasi. Ada lebih dari 20 OS yang tersedia untuk PinePhone untuk bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa sistem operasi ini dirancang khusus untuk seluler, seperti Ubuntu Touch, Sailfish, dll. Beberapa di antaranya berbasis desktop Linux, seperti Fedora, Arch Linux, dan Mobian (Debian). 

Beberapa OS yang didukung adalah:
  1. Manjaro ARM Sxmo (phosh / plasma interface)
  2. Sailfish OS
  3. LuneOS
  4. Ubuntu Touch
  5. PostMarket OS 
  6. Alpine Linux
  7. Fedora
  8. Arch Linux
  9. Mobian (debian)
  10. Nemo Mobile
  11. AVMultiPhone
  12. Maemo Leste
  13. openSUSE
  14. LuneOS
  15. PureOS
  16. KDE Neon
  17. GloDroid
  18. NixOS
  19. Gentoo
  20. ExpidusOS
  21. Kali Linux
  22. Multi-distro
  23. OpenMandriva Lx
  24. Rhino Linux
  25. SkiffOS
  26. Slackware
  27. Apache NuttX RTOS
  28. Sculpt OS

Selain berbagai sistem operasi di atas, yang terkait adalah Jumpdrive 0.8, KDE, Phosh, dan Plasma Mobile.

-
Share:
Next Post Previous Post