5 Inovasi Teknologi di Masa Depan yang Bisa Mempermudah Kehidupan Manusia

5 Inovasi Teknologi di Masa Depan yang Bisa Mempermudah Kehidupan Manusia

 79percentclock.com - Seiring dengan perkembangan zaman, manusia sudah berhasil menemukan banyak teknologi yang berguna bagi kehidupan. Hingga saat ini, sudah banyak inovasi teknologi yang hadir di tengah masyarakat. Hal ini diciptakan tentunya untuk memenuhi kebutuhan manusia sehari-hari. 

Hadirnya teknologi memiliki pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan manusia, dan hampir dapat dipastikan kini manusia telah bergantung dengan teknologi. Oleh karena itu, kali ini kami akan mengajak kamu untuk mengetahui lebih banyak beberapa inovasi teknologi di masa depan yang diciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia.


AI atau kecerdasan buatan pada robot akan memainkan peran penting di masa depan


5 Inovasi Teknologi di Masa Depan yang Canggih 

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya bahwa akan ada banyak mesin canggih masa depan yang dapat mempermudah kehidupan manusia, dan beberapa diantaranya sudah kami rangkum berikut ini.

1. Sepatu Pintar

sepatu pintar buatan Xiaomi


Sepatu pintar menjadi salah satu teknologi canggih di masa depan yang bisa sangat membantu kehidupan manusia. Sepatu ini dapat mendeteksi gerakan penggunanya, mulai dari berjalan, lari, dan mengendaki. Nantinya, sepatu pintar ini akan mengirimkan informasi berupa jarak tempuh, kecepatan, hingga jumlah kalori yang dikeluarkan. Sepatu ini direncanakan akan ditenagai oleh baterai yang dapat bertahan 60 hari.

2. Mobil Terbang




Inovasi teknologi di masa depan selanjutnya yaitu mobil terbang. Diketahui, orang pertama yang mengembangkan mobil terbang adalah Taylor Aerocar yang merupakan produsen otomotif asal Amerika serikat. Ia telah mengembangkan mobil terbangnya sejak tahun 1949. 

Nantinya, mobil ini dapat terbang layaknya pesawat dan akan dikemudikan oleh seorang pilot yang memerlukan sertifikat demi keamanan mobil terbang ini. Tentu saja biarpun nantinya telah diproduksi secara masal, masih memerlukan banyak uji coba untuk keamanan.

Mobil terbang tentunya sangat cocok dengan jalanan Jakarta, selamat tinggal macet!

3. Autonomous Car 

Autonomous car atau dikenal juga dengan istilah self driving car adalah sebuah inovasi kendaraan mobil yang mampu membawa penumpangnya tanpa harus dikemudikan. Sistem kerjanya sendiri yaitu menggunakan kamera sensor khusus yang dapat mendeteksi gerakan dan lingkungan di sekitar kendaraan. 

Setelah itu, citra dari kamera tersebut akan diproses dengan menggunakan kecerdasan buatan yang berguna untuk menentukan arah dan tujuan dari kendaraan tersebut. Menurut informasi, perusahaan mobil Tesla mengembangkan mobil nirawak ini dengan menggunakan fitur-fitur yang canggih.

Selama ini mobil Tesla masih mewajibkan kesadaran supirnya, tidak boleh tidur atau mabuk karena faktor keamanan yang belum terjamin, tetapi di masa depan, setelah berbagai penyempurnaan, maka kita tidak perlu lagi yang namanya supir ataupun menyetir. Tinggal set mau ke lokasi mana, dan keamanan terjamin, malahan lebih aman daripada bawa mobil sendiri.

4. Teleportasi

Inovasi teknologi masa depan yang selanjutnya yaitu teleportasi. Teknologi yang banyak dianggap mustahil ini bisa saja menjadi teknologi nyata di masa depan. Pasalnya, seorang ilmuwan Rusia yang bekerja untuk Vladimir Putin mengklaim mengembangkan teknologi teleportasi ini dan benar-benar akan menghadirkannya ke dunia nyata. Teleportasi ini disebut akan rampung pada tahun 2035 mendatang.

Tidak tahu bagaimana cara kerjanya, dan bagaimana cara membuat suatu benda menjadi bentuk digital sebelum di transfer ke lokasi lain. Tapi tidak ada yang namanya tidak mungkin bukan, semuanya selalu ada kemungkinan.

5. Mesin Pelipat Pakaian

Mesin canggih masa depan yang terakhir ternyata sudah ada saat ini lho. Yup, mesin pelipat pakaian menjadi teknologi yang bisa sangat membantu pekerjaan manusia. Mesin ini ternyata sudah dikembangkan oleh salah satu perusahaan startup asal san Fransisco yang dilengkapi dengan teknologi robotik. Mesin ini diketahui sudah dijual di pasaran sejak tahun 2019 dan diklaim mampu melipat 10-12 baju dalam sekali jalan.

Penutup

Demikian 5 inovasi teknologi di masa depan yang bisa mempermudah kehidupan manusia. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat dan menambah wawasan kamu terkait perkembangan teknologi dan informasi di masa depan.

Share:
Next Post Previous Post