Olimpiade Prancis Berlangsung Heboh Biarpun Tidak Diikuti Semua Negara Anggota

Olimpiade Prancis Berlangsung Heboh Biarpun Tidak Diikuti Semua Negara Anggota


79percentclock.com - Pada hari sabtu tanggal 27 Juli 2024, resmi dilakukan upacara pembukaan Olimpiade musim panas 2024 di Prancis. Acara peresmian dibukanya event Olimpiade berlangsung sangat meriah, dan menjadi yang pertama kali dilaksanakan di luar stadion, tepatnya di kapal yang melakukan pelayaran di hulu sungai Seine sepanjang kota Paris.

Tetapi pun begitu, acara pembukaan Olimpiade 2024 ini juga menuai kontroversi karena salah satunya terdapat adegan sandiwara dan nyanyian yang terkesan meniru gambaran perjamuan terakhir Yesus Kristus versi nyentil, yang membuat berbagai kalangan kristen marah.

Secara total ada 204 negara dari total 206 anggota komite Olimpiade yang ikut serta kali ini. Dua negara lagi tidak diperbolehkan ikut oleh dewa komite Olimpiade karena kasus perang dan penyerbuan ke Ukraina, yaitu Rusia dan Belarusia. Cukup mengherankan Belarusia juga kena getah, padahal tidak ikut menyerang Ukraina.

Selain 204 negara, juga terdapat dua kelompok yang ikut serta tetapi tidak mewakili negara, yaitu AIN (Individual Neutral Athletes) yang di dalamnya diisi oleh atlet dari negera Rusia dan Belarusia, jadi mereka ikut tanpa mewakili negaranya. Selain AIN, juga ada ROT (Refugee Olympic Team).

Seperti biasa, Amerika Serikat (US) mengirim atlet yang paling banyak jumlahnya yaitu 592 orang, bahkan melampaui tuan rumah Prancis dengan 573 orang. Indonesia sendiri hanya mengirim 29 orang atlet peserta.

Secara total ada 54 negara peserta dari Afrika, 48 negara dari Eropa, 44 negara dari Asia, 41 negara dari Amerika dan 17 negara dari Oseania. Korea Utara kembali tahun ini setelah absen pada Olimpiade 2020.

Jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan untuk Olimpiade 2024 Paris ada sebanyak 32 cabang dengan total 329 pertandingan.

Hampir seluruh cabang olahraga sama dengan Olimpiade 2020 silam, tetapi ada penambahan cabang olahraga baru yang pertama kali ikut serta yaitu olahraga "Breaking". Bagi yang belum tahu apa itu "Breaking", mungkin kita lebih mengenalnya dengan nama "Breaking Dance", yang biasa sering dilakukan oleh anak hip-hop untuk adu tanding dance di jalanan. Sekarang telah resmi menjadi cabang olahraga di Olimpiade 2024.

Biarpun tidak ada cabang olahraga yang dihapus atau dicabut dari Olimpiade 2024, tetapi ada beberapa cabang olahraga yang jumlah jenis pertandingannya dikurangi yaitu Angkat Besi, Berkano, dan Memanjat/Mendaki. 

Peristiwa Olimpiade 2024 ini akan berlangsung dari tanggal 26 Juli (atau 27 Juli waktu Indonesia) sampai 11 Agustus (12 Agustus waktu Indonesia). Sebelum nantinya akan berlanjut di Olimpiade 2028 yang berlangsung di Amerika Serikat (US).

Share:
Next Post Previous Post