Apa Saja Logam Yang Lebih Mahal dari Emas?

Apa Saja Logam Yang Lebih Mahal dari Emas?

79percentclock.com -Ada sangat banyak jenis logam, seberapa banyak tidak ada angka pastinya, tergantung penafsiran setiap orang terhadap definisi logam dan sumber, karena bisa beda-beda, tidak ada kesepakatan umum yang bisa diterima setiap pihak. Menurut situs meadmetals total ada 94 jenis logam. Menurut situs Vedantu, ada terdapat total 92 unsur dalam tabel periodik dan 70 di antaranya merupakan logam.

Situs meadmetals katanya sumber referensi mengutip dari lembaga Royal Society of Chemistry dari UK (inggris), yang tabel periodiknya dapat dilihat di sini. Disitu memang ada 94 jenis logam, dan dari jumlah itu ada enam yang masuk dua kategori sekaligus logam dan non-logam.

Orang pada umumnya hanya mengenal yang terkenal seperti emas, perak, tembaga, platinum, besi, baja, dan lain-lain. Mayoritas tidak pernah kita dengar namanya.

Dalam dunia logam, Emas selalu identik dengan kemewahan, setiap mendengar kata emas, maka mata orang terbuka lebar dengan harganya yang tinggi.

Karena banyaknya permintaan akan logam yang satu ini, tidak heran harganya stabil dan dalam jangka waktu lama biasa selalu cenderung naik, dan sering disebut "safe haven asset", karena tidak terpengaruh oleh kehancuran ekonomi dunia.

Tetapi ternyata Emas bukanlah logam yang paling mahal, dari sekian banyak itu, ada 2 atau 3 logam yang ternyata lebih bernilai dari emas, yaitu Rhodium dan Iridium. Mungkin bisa ditambah lagi Osmium, tetapi logam yang satu ini agak rumit, nilai harganya seperti sangat sulit diukur, sangat bervariatif dan sulit diperdagangkan, setiap situs, penjual, sumber akan tertera harga yang berbeda. Tidak ada satu tolak ukur yang tetap dan sering dikaitkan dengan manipulasi.

Pada saat artikel ini dibuat yaitu 22 September 2024, harga emas sedang naik tinggi dalam 6 bulan terakhir, biasa sangat jarang begitu. Sekarang ini menyentuh harga $2621.59 per oz. Oz adalah singkatan dari ounces, di mana satu ounce adalah 28.35 gram. Ukuran berat ini cukup populer di beberapa negara barat.

Sedangkan harga logam Rhodium adalah $4750.00 per oz dan iridium $4650.00 per oz. Untuk Osmium sangat tidak jelas dan bervariatif, dari yang hanya beberapa ratus dollar per oz sampai $43,643.84 per oz, bahkan ada yang menaruh angka $46,873.6065.

Logam lain yang sering dikira lebih mahal dari emas, biarpun memang termasuk kelas logam berharga, tetapi nilainya masih di bawah dari emas, mereka adalah Platinum $977.40 / oz dan Palladium $1054.00 / oz. Secara sejarah mereka memang pernah setidaknya sekali melampaui nilai emas, tapi itu dulu.

Ada juga logam yang disangka sangat bernilai melebihi emas, yaitu Titanium, sering digunakan dalam kelas kartu kredit yang kelasnya di atas gold, padahal secara benda fisik asli, nilai logam ini sangat murah, hanya sekitar 5-6 dollar per ounce. Jadi bahkan masih di bawah harga perak (silver).

Tentu saja harga logam sangat fluktuatif, mungkin saat Anda membaca artikel ini di masa depan, harga sudah berubah-ubah drastis untuk setiap logamnya.


Share:
Next Post Previous Post